Rheingraben, Sebuah Perkenalan

20171118_103258
Dinding horst Rheingraben, Zwingenberg, Hesse, Jerman.

Kota tempat studi saya, Darmstadt, berada di ujung utara dari Upper Rheingraben, tepat di sebelah utara dari horstnya, yaitu batuan dasar granitik Odenwald. Daerah ini oleh pemerintah Jerman dijadikan sebagai kawasan Geopark Odenwald-Bergstrasse dengan aspek geologi utamanya adalah batuan dasar kristalin Odenwald, Graben Rhine Atas, dan Buntsandstein Odenwald (batupasir Odenwald) yang berumur Trias.

Saya berkesempatan untuk menyusuri geopark ini melalui jalur yang telah tersedia. Dimulai dari kota kecil Zwingenberg kami berjalan menuju Gunung Melibokus, bukit granit dengan ketinggian sekitar 500 mdpl. Disini kami disuguhi pemandangan Rheingraben yang tertutup kabut tebal dan mendung awan musim gugur November yang dingin.

Ada beberapa kastil tua di sekitar perbukitan yang memanjang utara selatan ini. Kemungkinan besar dibangun ratusan tahun lalu sebagai tempat perlindungan, mungkin dulu banyak peperangan disini. Beberapa kastil yang kami kunjungi seperti Kastil Auberbach, Kastil Alsbach, Kastil Heilenberg, dan Kastil Frankenstein. Kastil yang terakhir ini hampir 200 tahun yang lalu menginspirasi Mary Shelley untuk menulis novelnya yang terkenal, Frankenstein.

Kembali ke batuan. Batuan granit yang menjadi latar foto saya, berumur Paleozoik, mungkin sekitar 300-350 juta tahun pada era Permian. Pembentukannya terjadi karena kolisi antara lempeng Afrika dan Eropa ketika itu. Jutaan tahun berlalu dan batuan-batuan telah menumpuk di atas batuan granit ini, seperti batupasir Buntsandstein, juga batugamping Muschelkalk yang berumur Trias atau sekitar 250-200 juta tahun yang lalu.

Pada kala Eosen hingga puncaknya pada Oligosen, terbentuklah struktur graben akibat tumbukan Lempeng Afrika dan Eropa atau yang lebih dikenal sebagai Orogenesa Alpen. Proses yang sebenarnya agak rumit karena agak sulit menjelaskan bagaimana suatu orogenesa bisa menghasilkan struktur graben yang begitu besar. Saat ini, penjelasan utama yang diterima oleh para peneliti adalah Orogenesa Alpen menjadi salah satu pemicu pemekaran pasif di Lempeng Eurasia dan menghasilkan Rheingraben. Graben memanjang utara selatan hampir 400 km dari Basel di Swiss hingga Frankfurt yang merupakan bagian dari European Cenozoic Rift System (ECRIS) yang memanjang 1100 km dari Mediterrania hingga ke Laut Utara.

20171118_101022
Sketsa geologi Geonaturpark Odenwald-Bergstrasse, Jerman

Menyusuri geopark di Jerman menjadi hiburan menyenangkan bagi saya yang cukup penasaran dengan kondisi geologi tempat saya tinggal. Ke depannya, saya berniat untuk mencari singkapan-singkapan dari batuan Bundsandstein dan juga Muschelkalk karena cukup banyak juga singkapan-singkapan menarik untuk dikunjungi dan dipelajari.

Selain Geopark Odenwald, di provinsi Hesse juga terdapat geopark lain, yaitu Geopark Westerwald-Lahn-Taunus yang berada di bagian barat laut dari Frankfurt. Akan sangat menyenangkan juga untuk mengunjungi geopark itu.

Aufwiedersehen

Tschuss!

0 thoughts on “Rheingraben, Sebuah Perkenalan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *